Wednesday, October 12, 2011

imperfection

"there is no such thing as imperfection, everybody is perfect, it only depends on how we see it."


ask yourself, why do you want to be perfect? then look around, and ask what perfect is?
life lessons are everywhere around, you don't even have to be so sensitive to realize.

hari ini kebagian jadwal jaga museum, karena Taman Budaya lagi rame karena ada acara pertunjukan dan lomba dari anak-anak SLB dari seluruh Indonesia. awalnya sih gw kira ngga ada yang special, karena gw kira anak-anak SLBnya cuma nonton doang, tapi ternyata mereka yang pentas, mereka yang orang bilang tidak sempurna itu mulai ngelakuin suatu bentuk kegiatan yang biasa orang normal lakuin. mungkin ini akan kedengeran bodoh, tapi gw bener-bener baru tau kalo SLB itu nggak cuma buat anak-anak keterbelakangan mental aja, tapi juga buat mereka yang diffable (diffable mulai digunain untuk menyebut anak-anak dengan kebutuhan khusus, karena dirasa tidak sopan untuk menyebut mereka cacat). mostly mereka nari dan main alat musik tradisional gitu, mereka didandanin total (ya persis kaya orang mau pentas). yes, they did nothing to me. but it's not about doing nothing or something, it is about dealing with my thought about being perfect. cause now I do realize that every person has a right to be a person, a perfect human being, and everybody should respect that. dulu banget, gw takut dengan keberadaan mereka, karena gw pikir mereka akan ganggu gw dan membuat keadaan jadi ngga nyaman. tapi cuma dari ngeliat kejadian tadi sebentar aja, then I know I was a jerk! they don't deserve a person like me. cause that kind of judgement is so not fair for them, they never wanted to be one, everybody wants to be perfect and so do they.
and another amazing thing about them is >> selama gw jadi guide di Museum Anak Kolong Tangga, jelasin ke anak-anak segala macem umur, sampe jelasin ke orang asing, dari mulai pake bahasa Indonesia, Jawa abal-abal, bahasa Inggris, sampe pake bahasa anak-anak yang gw ngga tau apa artinya.. baru tadi gw liat pengunjung museum paling semangat dengan tingkat keingin tahuan yang sangat tinggi, iya sangat tinggi. and you know what? they can't speak, they also can barely hear your voice, you have to scream first to notice them that you're around, yes they're deaf. tapi gw sangat bisa liat kalo mereka sangat seneng dan semangat untuk liat-liat semua koleksi yang ada di museum, dibaca satu-satu, lari-lari kalo liat mainan yang disuka. it may sounds simple for other people, but it really meant something to me. you know why? just don't judge people from the outside, cause you can barely see anything from there, judge them from being who they are, and what's in it.

stop making a joke about them, it's not funny at all.
everybody deserves to be perfect, and so do they.

No comments:

Post a Comment