Sunday, December 22, 2013

Life in Russia #4; Happiness in Fat.

My mood flipped really fast these past couple of days (well, it always has), and when it gets high, one of the things I want the most is food. I mean, who doesn't? When you're having a good mood, then let's grab a bite! Especially when your jeans and clothes feel bigger, what a happy day, huh?!

After almost 3 months, I finally miss my home; my room, my bed, my car, my family (especially), friends, miss the hugs before bed-time, the laughs, the long quality talk, everything. It feels like I have to simmer down for a minute and realise that I won't enjoy those stuff for three years, and I don't think after three years I can still enjoy those. Things must have changed a lot in three years, and I don't want to be the person I was, I want to be better in many positive ways. And like it always has, I think God made the right decision by making me a human so that I could think about what matters and what doesn't, what is worth it and what is useless, I know exactly that I will miss this place so much once I get back to my home, so I try to enjoy my time here more, it's a good place to live though, people are nice (besides the guys, they can be so annoying most of the times, so I go with the girls, even though I don't know them much, but I got plenty of close friends here and they're really nice, so I'm pretty much cool with it).

So last Saturday night, December 21st 2013, I decided to have a Saturday-night-dinner-date. None loves to eat alone, you always need a company to be fat, why would you be fat alone anyway? And since none of us knew any other good place to eat, we just went to the nearest pizza cafe (see, more reasons to miss my hometown; I know a lot of good place to eat back then). I wasn't really hungry, cause I ate a huge amounts of calories from a cake I bought before, it was really sweet but I like the one I bought a couple of days before better, but well you still need to try everything to know which one is best though, so doesn't matter. I hadn't eaten anything the whole day, cause I prepared my stomach for that night, I prepared myself to eat a lot. The thing is, I get hungry all the time but when it's time for me to eat, I couldn't eat as much as I wanted before, I got full so easily, which was a good thing sometimes but not exactly what I wanted. So I need to prepare myself, starve myself so I can eat more, I did and succeeded. Way to go Astrina!

It was probably too much for dinner and the fact that we still have to walk to get home in a cold December in Russia sounds a little bit too much for me to handle. Don't get me wrong, I have no problem with walking, I enjoy walking here, but not with a stomach full of pizza and cakes, at 9 pm.



I know it sounds like a simple night. You may say that I'm exaggerating here, but I love my Saturday-dinner-date-night. Maybe I read too many books, I watched to many dramas, too many articles, but all of those told me to be happy in the simplest kind of ways, and I do love my simple way to make myself happy. Like none knows yourself better than yourself, so that means you're the first person on earth who can make yourself happy cause you know what you want and what to do with it. I forgot where did I get this line, but I remember it says "when you feel like you're having a rough day, just do whatever you want that makes you happy, as long as it's a good thing and doesn't hurt other people, you're free to do it. But make sure it's a good thing and you won't hurt others, cause what's the meaning of your own happiness if others are hurt because of you?" And of course, it'll be better if I can be happy together.

The thing is; I miss being happy together, but sometimes people just can't see that the one thing or the one person that can makes us happy is actually sitting right in front of us.


So stay happy Astrina, you know happiness lies within the universe.

Tuesday, December 10, 2013

Life in Russia #3; Anxiety.

The thing about working hard, focusing too much on your dream, and dealing with your never ending anxiety. I always had this dream, about how can I do everything on my own. Being an independent woman was easy back then, cause Daddy got your back. But time goes by, you're getting older and life gets rough. In some point in life, there's nothing else you need except courage.

It's been two months, it honestly felt like a blink of an eye. Yes, I'm using past tense. Cause I just realised I'm million miles away from home, I'm so faraway from the most precious people in my life whom I could never live without; my family. I know, I spent my high school and college alone, but they were always around, they always had people to made me feel secure cause they knew that I always had a problem with my insecurity. I remember having this one talk with my friend three years ago when he asked "what's your wildest dream?" and my answer was "I kinda want to be poor, I want to know the joy when other people do some good little deeds to me, I just want to appreciate my life better", he closed the discussion by saying "be careful of what you wish for." I was laughing but also hoping that I could take my words back, but I couldn't. You know the thing about life is that human will never know what they have until it's gone, they never know what is amazing until they've been through worst. I will never know how incredible my life was until I've been through something entirely different and devastating, I know I'm just being human.

And like it always has, there must be something to learn.

I watched a movie trailer a couple of days ago it's called The Secret Life of Walter Mitty, it says "Life is about courage and go into the unknown". And I did it, cause due to the movie I have to go out of my comfort zone in order to find what I've been looking for in life, it's not gonna be easy -not at all, not in so many ways possible- but at the end I know it is going to be worth it, I just have to be patience, fight the battle, focus, and the hardest things are; believe in myself and be brave.

I need to simmer down and remember that all the strength that God has given me will leads me to where I want to be in the future, and I never ask Him for this to be easy, I only ask Him for this to be worth it. I know there will be a lot more lessons for me to learn in the future, and this anxiety will always be there doing its job. And all I can do is to put up all the strength I have to meet the courage and fight the next battle. Good luck Astrina!

Monday, December 2, 2013

Life in Russia #2; Coldest Picnic.

December is here, and we all knew that days are getting colder and colder. This December should have been one of the best December in my life if I didn't come to Russia, but since I'm in Russia now.. I have to say that this might be the best December for the past 23 years.

Oh yes, I'm turning twenty fucking three this month.
Definitely not a pleasant surprise.

So in order to make this month feels special, I would like to start it special; different. I don't really enjoy the cold weather here, cause I have to stuck in my room doing boring things I've been doing these past 2 months. And then one night I watched a movie called "drinking buddies" where all they do everyday is just drinking beer and eating sandwich, so I go with the sandwich, a park, apple juice (stop judging, I know what I'm saying), and a company (of course, why would I have a picnic alone?). It was Sunday and -2 when I woke up, then I had breakfast and headed to a store close to my dorm (still wearing my pyjamas, plus I wore the jeans+jumper+coat+boots). It's kinda funny that he woke up earlier than I did, cause I used to wake up everyday at seven but this new room is kinda taking my life to a whole new level of laziness, so I woke up at 8.30 that day. But that's fine, we both ended up late (cause he fell asleep after he texted me a good morning).
Right after we finished our morning grocery shopping, we headed back to dorm and getting ready for the freezing picnic on December 1st. When all were packed, we left at around 1pm, it was 2degrees and you can feel the cold to your bones (seriously). I was really hungry, I didn't know about him, all I know is that he smells really good that day (probably because he decided to take a shower after days off of the water when I.. well I took a shower the night before, so I'm pretty sure I smell good). Then we arrived at the park after about 15 minutes in a car where I had to listen to some kind of random guy who played his music without a headset, he should have known that he doesn't have a really good taste of music that he should share it to the rest of the strangers around him. But it's funny though, he gave a tiny Santa doll to a cute girl who happened to sit next to me. So his strange behaviour in some point is still acceptable.


We took a short walk to the park, until we found a good place to eat where not much people would pass us and see how strange these kids are to have a picnic in December (but you know what? in some point I just don't care). I have committed to not drinking too much sugar since my family has a long history of diabetes, but let just say that day was an exception, so we had ourselves an average cup of apple juice and enjoy the sandwich I made. I've never been proud of whatever I did in the kitchen, every time I made a meal to someone the only thing I need to hear was that it doesn't taste bad, and that's enough. And that day, he said my sandwich tasted good, so that was it, I'm glad I didn't ruin our cold picnic.



I couldn't tell whether he really enjoyed the food or not, but he finished them four, so I was cool. We sit there for quite awhile, well he did and I didn't, cause it was too cold for me to just sit around and talk, I'd rather walk back and forth in front of him.


When days were getting really cold in the park, we decided to walk and act like a tourist who took a picture in every good place we passed. That was funny, as if we were about to get home tomorrow, but we always do. But I don't know, I always like the idea of taking picture in every good sight in front of me, sometimes I just think that they will never look the same again tomorrow so that I have to capture it now. But I have this problem with my eyes; cylinder, which I will never be able to see something straight again, makes those pictures I took look terrible, so frustrating.



Anyway, I had a good time back then, and I would love to have another picnic with (of course) much better food when the winter is over. No matter how cold this December will be, at least I started it good, and I hope there will be more good things to come.
So don't be too hard on me December, I hope by the time I reach January, I will no longer stuck with this language I am using now and start with the new local language from the place I am living in for the next three years.

Sunday, October 13, 2013

Life in Russia #1

It's been 2 weeks since I left Indonesia and moved to Russia. One of the biggest dreams come true? Yea, can say so. I've always dreamed about taking my master in Russia, even though I never dreamed to live in this city I'm living in today (Astrakhan). But still, I feel so grateful for everything I have today, for this opportunity God has given me; I feel so blessed.

Just about a month before I left, I spent the end of the summer with my partner. After over a year apart, he came back and decided to spend his first two weeks with me in Jogja; it was quite an amazing two weeks in my life. Have known each other for two years; you should know that I've never met anyone quite like you either. To see you and what you're doing is like seeing myself in another version of me; I never thought you would come back to Indonesia, and even better now for work, that was incredible cause you do what you always said you would do. I mean it this time; I am so proud of you, I've never been this proud of my boyfriend, but you always have made me feel so proud Mas.
You both inspired and challenged me to be better, always. I know I've said enough about how horrible you are and how much I hate you, but despite all of those unpleasant facts about you, I don't think I will ever be able to say enough thank you for your sincere words that you trust me, always, you always say that you do and you should know how much it means to me to know that you-trust-me that I can do and be whatever it is that I said I would do. And to always say that I'm doing an amazing thing -when I know that what I do is nothing compares to you- I can honestly say; I have plenty of reasons to love you very much too, and you know I will always do, always.

"A love that asks for nothing and gives nothing in return; it is simply there. I will never be yours, and you will never be mine; nevertheless, I can honestly say: I love you, I love you, I love you."


Thank you :')

Sunday, September 8, 2013

Andaikan bisa berpikir lebih sederhana?!

Yang selalu jadi masalah di Indonesia adalah mimpi.
Dari kecil, anak-anak Indonesia tidak cukup mendapatkan pelajaran mengenai mimpi, baik itu di Sekolah ataupun di rumah. Untuk di Jakarta sendiri, kata mimpi justru menjadi bahan cemoohan tersendiri dimana anak-anaknya biasa berkata ngimpi lu! Memang, bermimpi itu mudah-mudah sulit. Karena kalau mau bermimpi yang serius, prosesnya panjang, bukan hanya hasil dari menonton satu film, tapi hasil dari menonton banyak film, baca banyak buku, dan bertemu banyak orang. Itu kalau mau mimpinya extraordinary, tapi kalau mau mimpinya biasa aja ya cukup dengan nonton Doraemon juga pasti langsung mimpi mau punya pintu kemana saja.
Entah harus masuk golongan beruntung atau sial, orang-orang yang punya mimpi ini kadang harus menghadapi kenyataan yang lebih pahit dari mereka yang menjalani hidupnya dengan sederhana (walaupun kesederhanaan itu relatif, tapi anggaplah dalam hal ini kesederhanaan pola pikir). Karena orang-orang yang punya mimpi tahu apa yang mereka lakukan, kemana mereka akan membawa hidup mereka, dan tentunya tahu capaian apa yang ingin mereka raih dari apa yang mereka lakukan sekarang. Dan yang membuat itu semua tidak mudah adalah segala godaan yang ada di depan mereka, semua kenikmatan yang dapat dinikmati dengan mudah oleh mereka yang menjalani hidupnya dengan sederhana tanpa harus jauh berpikir panjang kedepan, mereka yang berpikir sederhana namun dapat membuat semua yang ada didepan mata terlihat sangat jauh dari sederhana.
Sedangkan orang-orang yang bermimpi, masih harus berjuang di titik awal untuk memulai semuanya sendiri dengan semua ketidak mudahan yang harus dilalui, dengan kerja keras yang jauh diatas rata-rata, dengan hasil capaian yang masih belum pasti. Tujuannya apa sih? Biar nanti saat hari tua menyapa (kalau memang bisa hidup sampai tua), orang-orang yang punya mimpi ini bisa ngelamun dengan senyum karena sudah mengisi hidupnya dengan kegiatan bermakna, karena sudah sudah habis tenaga untuk melakukan semua hal yang ingin dilakukan, dan karena sudah habis rasa penasaran.
Even though dreamers will never ever satisfied with themselves, but Margaret Tatcher used to say
"I don't know anyone who has gotten to the top without hard work. That is the recipe. It will not always get you to the top. But it will get you pretty near."

Jadi untuk mereka yang tahu bahwa menyerah pada mimpi itu adalah hal yang mustahil, mungkin mereka juga harus belajar bahwa sinkronisasi mata, hati, dan kepala itu adalah hal tersulit yang dapat dilakukan manusia. Apa yang kita nikmati besok adalah hasil dari apa yang kita lakukan hari ini, dan kalau sudah memilih untuk bermimpi, ya yang bisa dilakukan sekarang hanya tanggung jawab dengan pilihannya.
So my little darling, just close your eyes, work hard, and GO GET IT!

Monday, July 29, 2013

Mainan Anak

Beberapa bulan yang lalu sekitar bulan April 2013 setelah pulang penelitian lapangan dari Indramayu, aku mulai agak bosen dirumah. Selama ini baca buku emang udah jadi pilihan utama, tapi setelah nyelesaiin laporan penelitian, rasanya stress juga ngerangkai kata terus. Secara nggak sengaja buka-buka instagram dan liat banyak photo Lego yang ternyata sekarang udah jauuuhh lebih variatif dari jaman dulu. Akhirnya buka koleksi lama dan mulai main Lego lagi. Berhari-hari abis buat main Lego terus, akhirnya bosen dan pengen nambah koleksi, dan ya untungnya di Jogja walaupun koleksinya nggak selengkap Jakarta, tapi masih cukuplah untuk menampung penasaran. Kidz Station pun jadi tempat hang out terfavorit hari ini, setelah terlalu akrab sama penjaga Periplus, kayanya harus melebarkan sayap cari kenalan di toko lain (salah fokus). Sampai akhirnya punya member Kidz Station, semakin sering lagi main kesana.
Dan, bukan anak soshum ya kayanya kalo keluar rumah cuma untuk main tanpa belajar dari lingkungan sekitar :')
Buat aku kali ini Lego itu bukan cuma hiburan saat dirumah, bukan juga cara terbaik untuk ngabisin gaji (jelas bukan banget), bukan cuma mainan yang bisa meningkatian kretifitas anak, tapi Lego juga ngajarin bagaimana cara mendidik anak yang baik disaat proses pembeliannya. Sejauh ini ada 2 kasus orang tua dan anak yang melalui diskusi yang cukup alot di toko saat anaknya meminta untuk dibelikan Lego.
Kasus Pertama, Ambarukmo Plaza 9 Juli 2013:
Setelah selesai buat laporan untuk penelitian Anambas, aku memutuskan untuk sedikit refreshing ke mall untuk beli Lego, itung-itung nambah koleksi. Malam itu ternyata ada koleksi baru, yaitu Lone Ranger set dan juga super heroes set, sayagnya untuk super heroes set cuma ada yang Batman. Waktu lagi asyik milih, ada anak laki-laki dateng dan langsung ngambil batman series itu dan bilang ke Ibunya "Bu, aku mau Batman yang ini!" dan nggak lama Ibunya dateng dan mengambil kotak yang dipegang anaknya untuk melihat harganya "Dek, ini kan harganya satu juta, kamu tau kan satu juta itu seberapa?" dan anaknya dengan sigap menjawab "iya aku tau, tapi ini kan bagus Bu, aku mau Batman, ini juga bisa dibongkar pasang, jadi aku nggak terima jadi, aku ngerakit sendiri.." dan Ibunya menjawab "kalo Adek mau beli ini, kamu nggak beli mainan selama satu tahun ya!" dan anaknya dengan sigap menjawab "iya aku nggak beli mainan satu tahun nggak apa-apa!" Dan Ibunya menjawab dengan penekanan "satu tahun itu sampai lebaran tahun depan lho!" dan anaknya telihat kaget dan bilang "Bu, lebaran tahun depan kan masih lama bangettt.. masa aku nggak beli mainan selama itu?" dan akhirnya Ibunya pun menjawab sambil perlahan-lahan mengembalikan kotak ke tempat semula "Adek kan tau mainan itu harganya satu juta, kalo di total itu cukup untuk beli mainan kamu selama satu tahun lenih dari satu kali.. Udah ayo cari Batman yang lain aja."
Peristiwa ini nggak terjadi sesingkat itu memang, ini hanya sedikit potongan yang merangkum kisah keseluruhan. Tapi sebagai sesama pecinta mainan, aku hanya bisa tertawa melihat adegan itu.
Kasus Kedua, Solo Paragon 28 Juli 2013.
Kali ini datang ke Kidz Station tujuannya bukan untuk beli Lego, tapi untuk menukar member card yang ternyata belum jadi dan harus menunggu sekitar 2-3 bulan kedepan. Letak kasih yang bersebelahan dengan bagian Lego tentu menjadi masalah tersendiri untukku, karena terlalu berat untuk datang ke Kidz Station dan melewatkan bagian itu. Sambil menunggu, aku melihat-lihat koleksi Lego yang baru saja datang saat tak lama ada seorang anak laki-laki dengan Ayahnya yang datang. Tidak lama sang anak menunjuk satu kotak dan bilang sesuatu pada Ayahnya "Yah, yang ini bagus ya? Aku mau." dan hal yang sama dilakukan oleh sang Ayah, yaitu mengambil kotak dan melihat harganya. Tak lama kemudian sang Ayah merespon "iya bagus nak, tapi kan hari ini perjanjian kita masih liat-liat dulu, belinya nanti kalau Ayah sudah punya uang." dan tentunya sang anak merengek dengan alasan yang tidak jauh berbeda dengan kasus pertama "tapi kan Yah, ini mainannya bagus.. aku ngerakit sendiri trucknya, nanti juga bisa aku bongkar-bongkar sendiri lagi." dan dengan sangat sabar (kali ini sang Ayah memang benar-benar sabar menanggapi sang anak yang mulai terlihat memelas, dan Ayah yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan contoh suami idaman. Dan lagi-lagi, salah fokus) Ayahnya pun berkata "iya Ayah juga tau kalo mainan ini bagus, tapi kan uangnya belum ada sekarang, Ayah harus kerja dulu biar dapet uang terus bisa beli ini. Nnti juga harus tanya Ibu dulu apa kamu boleh beli ini apa nggak?" dan sang anak semakin memelas dengan berkata "sekarang Ibu mana? Yaudah kira-kira aku bisa kerja apa biar aku bisa dapet uang buat beli mainan ini?" lagi-lagi dengan sabar sang Ayah menjawab sembari merangkul anaknya untuk diajak keluar toko "kamu nggak usah kerja, biar Ayah aja yang kerja, nanti kalo udah ada uang baru kita kesini lagi buat beli".
Dan sekali lagi, ini hanya rangkuman dari keseluruhan cerita. Ayah dan anak ini terlihat baik, berpakaian bersih dan rapi lengkap dengan sepatu, mereka sama sekali tidak terlihat miskin atau kekurangan, tetapi Ayahnya hanya sedang menjalankan tugas terbaiknya sebagai Ayah pada anak laki-lakinya, yaitu "tidak ada yang datang dengan mudah, terlebih gratis di dunia ini, semua akan datang dengan kerja keras, sebaik apapun target yang ingin dicapai, Tuhan tidak akan memberi itu semua dengan cuma-cuma, tetapi dengan kerja keras." yes, He's just being a good father and husband every young lady wish to have.

Dari 2 kasus diatas, aku sama sekali tidak merasa kasihan atau sedih, aku justru merasa bangga bahwa ternyata masih banyak anak-anak terdidik yang ditangani oleh orang tua sempurna di dunia ini. Orang tua yang hadir sebagai mentor bagi anak-anaknya agar mereka siap menghadapi masa depan merkea nantinya, waktu dimana mereka harus menghadapi dunia sendiri tanpa orang tua yang selalu hadir untuk menemani dan membimbing mereka kembali di jalan yang benar. Karena setiap anak harus tau itu, bahwa tidak ada yang mudah di dunia ini, tidak ada yang gratis, bahwa terkadang kebahagiaan dan kesuksesan memang harus dibayar dengan kerja keras.
3 tahun di Kolong Tangga tentu memberikapelajaran tersendiri. Selama ini aku memang jarang sekali mengalami kesulitan untuk mendapatkan mainan, tapi untuk berada di Museum Anak Kolong Tangga dimana harus menghadapi anak-anak dari segala usia, segala strata ekonomi, bahkan yang memeiliki keterbelakangan mental, dan sampai ada yang tidak dapat mendengar dan berbicara, 2 kasus diatas cukup memberikan kelegaan bahwa anak-anak itu paling tidak harus terlebih dahulu bersyukur mereka masih bisa masuk Kidz Station untuk memilih mainan (bahkan seringkali nemiliki mainan di toko tersebut yang mereka inginkan), tapi disamping kenikmatan itu orang tua mereka masih memberikan pelajaran lain, yaitu pengertian dan kesabaran.
Anak-anak yang datang ke Museum Anak Kolong Tangga sering kali terlihat sangat gembira hanya untuk melihat dan mendengar cerita dari kami para pendamping mengenai latar belakang mainan tersebut, mereka bahkan tidak memiliki satu kesempatanpun untuk memiliki mainan-mainan tersebut. Mereka hanya bisa menikmati permainan tradisional secara gratis yang sudah kita sediakan di halaman depan Museum, itu saja, dan mereka akan sangat bahagia sampai memeluk kami (dan para kakak pendamping yang lebay pun perlahan akan berkaca-kaca matanya menahan tangis haru).
Selain itu, ada anak-anak Indramayu yang masih asyik menghabiskan sore mereka bermain pasir di halaman depan rumah dengan teman-temannya. Dan tentunya ada anak-anak Anambas yang jauh lebih kreatif dengan menciptakan perahu kecil yang sering disebut jongkong sebagai mainan mereka untuk bermain dilaut, yang sering kali juga mereka gunakan untuk memancing bersama teman-temannya. Anak-anak itu, yang jangankan untuk meminta dibelikan mainan, pernah melihat bentuk mainan yang anak-anak kota itu inginkan saja mungkin belum pernah sekalipun. Tapi mereka bahagia, dan mereka belajar, mereka bahkan jauh lebih kreatif dan jauh lebih berani dari anak-anak kota yang selalu mengaku paling berpengalaman dan paling berani.

Sering kali orang tua lupa untuk mengatakan pesan terpenting dari Plato bahwa be kind, for everyone you meet is fighting a hard battle. Jika harus menggunakan hidupku sendiri sebagai pelajaran, aku sangat bersyukur dengan semua kemudahan yang Tuhan berikan dalam bentuk mainan. Aku tidak pernah mengalami kesulitan untuk menambah koleksi Lego-ku saat kecil dulu, bahkan orang tuaku sangat senang saat kami bermain Lego karena dianggap sebagai mainan yang mendidik. Semua hal itu tidak terlalu terpikirkan sampai akhirnya aku bergabung dengan Museum Anak Kolong Tangga, dan pergi ke berbagai tempat dan melihat bagaimana anak-anak menikmati masa kecil mereka dengan kenikmatan memiliki mainan. Tidak ada yang gratis, itu intinya. Tapi untuk bahagia, banyak cara yang dapat digunakan, termasuk cara gratis.

Jadiii intinya untuk adik-adik tersayang.. jangan pernah malas belajar ya, baik itu belajar dirumah, sekolah, dan dilingkungan sekitar. Biar nanti waktu udah besar banyak yang bisa diingat dan juga dipelajari. Semangat, semangat! :')

Sunday, March 3, 2013

Kata orang, bahagia itu sederhana.

Sore ini saya pergi ke rumah Bude dan Pakde Harno di Seturan, setelah menunda sepuluh hari dari hari Kamis minggu yang lalu saat Bude di oprasi mata, akhirnya Minggu ini diniatin untuk dateng kesana. Bude dan Pakde Harno adalah kakak tertuanya Ayah yang akrab karena dulu tinggal satu komplek di Solo, padahal itu waktu saya masih kecil banget (nah disini kehebatan Ibu yang perlu diacungin ribuan jempol. Ibu selalu ngajarin ke anak-anaknya untuk menjaga tali silahturahmi dengan siapapun itu, terutama keluarga, Ibu bisa membuat suatu suasana yang sangat harmonis disaat dua keluarga ini udah nggak ketemu bertahun-tahun. Yes, my Mom is awesome!). Dulu awalnya kerumah Bude dan Pakde itu cuma di hari-hari perayaan aja, dan nggak pernah lama kalo kesana, jadi cuma basa-basi. Cuma saat akhir tahun 2011 saya mulai niat pengen ngelanjutin sekolah ke Russia.. nah dari situ mulai rajin lagi kesana dan jadi makin deket, jadi kaya punya orang tua baru.
Semakin besar, saya semakin sadar bahwa semakin saya bertambah umur maka yang tua pun akan semakin tua dan semakin tua. Cepat atau lambat mereka akan meninggalkan anak-anak muda yang sedang merintis karier ini. Itu bukan kenyataan dan pikiran yang menyenangkan, sama sekali bukan.

Saya sadar bahwa saya sering kali mengulur-ngulur waktu untuk mengunjungi orang-orang yang lebih tua, karena kadang saya pikir kegiatan itu terlalu membosankan dan terkesan basa-basi. Hal itu mudah ditebak untuk anak muda tentunya, karena saat bersama orang yang jauh lebih tua otomatis kita akan mengontrol diri dengan topik pembicaraan dan cara berbicara kita dihadapannya. Tapi di satu sisi, saat kita sadar itu hanyalah sifat dasar manusia yang anti untuk dibuat repot dan anti berkompromi, baik dengan keadaan ataupun dengan sesama manusia.
Sejak Oma masih ada dulu, saya sudah sadar bahwa kehadiran anak dan cucu-cucunya adalah untuk menemani mereka. Iya, menemani masa tua mereka yang sepi karena sudah banyak ditinggal anak-anaknya berkelana, dan ditinggal teman-teman mereka yang sudah terlalu lelah dengan dunia. Oma selalu senang kalau cucu-cucunya datang, karena akan banyak diberi kasih sayang dan selalu dimanja, karena Oma senang untuk merasa selalu ditemani; nggak sendiri (and losing her was the worst day).
Sama halnya sama Bude dan Pakde Harno, terlihat jelas mereka senang saat dikunjungi, senang saat ada teman baru untuk diajak mengobrol dan tertawa. Hari ini saya baru sadar bahwa saat berkunjung kerumah mereka yang muncul bukanlah sekedar obrolan basa-basi antara pakde dan ponakan atau orang tua dengan anak muda, tapi yang muncul adalah obrolan santai layaknya orang tua dan anak. Menyenangkan rasanya bisa membuat orang lain bahagia dengan cara yang paling sederhana di dunia ini: presence can be the first step to happiness.

Dulu rasanya kebahagiaan tuh diisi dengan belanja baju baru, tas baru, gadget baru, buku baru, pokoknya semua hal yang berbau materi. Dan Ayah selalu bilang bahwa kebahagiaan kita itu diukur dari sejauh mana kita merasa cukup dengan apa yang kita punya, dan bersyukur adalah langkah awal untuk itu semua karena di saat itulah yang miskin akan tetap merasa bahagia karena mereka merasa cukup dengan apa yang mereka punya. Manusia sering kali berfikir ribuan cara untuk berbuat baik terhadap sesama, saat mereka sendiri lupa untuk berbuat baik dengan lingkungan terdekat mereka, yaitu keluarga.
Banyak anak muda berfikir akan sangat menyenangkan bila kehadiran kita dapat menyenangkan orang lain, terutama lawan jenis yang kita sukai. Tapi sering kali mereka lupa, bahwa kehadiran kita bisa jadi jauh lebih bermakna dan membahagiakan bagi mereka para orang tua yang memang membutuhkan teman untuk berbagi cerita.

Dan ya, penutup yang membahagiakan hari ini, walaupun itu sangat sederhana, tapi rasanya benar-benar membahagiakan untuk membuat orang tersenyum dari hati karena apa yang sudah kita lakukan.

Saturday, February 9, 2013

The Beginning.

Bulan Februari 2013, hampir 4 bulan setelah wisuda November 2012 UGM. Ataupun yang wisuda Mei atau Agustus di tahun 2012, tahun dimana banyak banget mahasiswa UGM angkatan 2008 yang sudah selesai menyelesaikan masa studinya.
Lulus itu rasanya melegakan, untuk nggak perlu bayar uang kuliah lagi setiap dua kali dalam setahun itu rasanya cukup menyenangkan karena nggak harus minta orang tua lagi (bagi yang minta). Rasa melegakan lainnya juga karena satu tanggung jawab ke orang tua udah berhasil diselesaikan, walaupun masih banyak kewajiban lain yang ngantri, tapi tetep aja satu persatu harus diselesaikan.

Tahun 2012 dulu pernah bilang ke Louliana kalo tahun itu adalah tahun perjuangan, ya buat mahasiswa tingkat akhir kaya kita ini emang perjuangan banget bikin skripsi yang sesuai passion itu. Harus rela revisi puluhan kali dan sabar nunggu pake hati. Mungkin kita kira dulu setelah skripsi selesai semuanya bisa berjalan dengan lebih mudah, yang taunya justru kebalikan. Hidup setelah wisuda itu lebih bikin bangun tidur nggak tenang dibandingkan bangun tidur dengan mendapati kenyataan email belom dibales sama dosen. Bangun tidurnya fresh graduate yang masih mereka-reka masa depan itu antara penuh semangat dan deg-degan karena takut salah langkah tapi juga ngerasa diam di tempat dan menghabiskan banyak waktu percuma. Karena ternyata tahun 2012 itu bukan tahun perjuangan, tapi tahun awal dari perjuangan yang sesungguhnya, karena tahun 2013 dan seterusnya kita nggak akan pernah berhenti untuk berjuang.

Rasanya emang beda berjuang nyelesaiin tugas kuliah, sama berjuang nentuin masa depan kaya gimana yang mau kita pilih. Sering banget ngerasa berjuang sendiri karena temen-temen yang dulunya selalu ada buat support udah pulang ke kampung halaman masing-masing, dan ya ini juga salah satu bagian paling sedih dari kelulusan. Kadang suka terharu sih liat temen-temen yang mau pergi ninggalin Jogja, karena biasanya cuma nganterin mereka ke bandara atau stasiun itu cuma untuk sementara tapi kali ini untuk seterusnya dan nggak tau kapan bisa ketemu mereka lagi. Yang biasanya bisa sering main kapan aja kita mau, tapi sekarang udah harus sibuk atur jadwal untuk ketemu yang belum tentu bisa 3 bulan sekali.
Tapi yang paling membahagiakan adalah saat tau semua temen kita itu pergi juga untuk berjuang, memperjuangkan mimpi masing-masing. Kita semua akan ketemu masalah-masalah baru yang sebelumnya terasa sangat mudah untuk dilalui karena rasanya nggak sendiri, tapi disaat ini itulah kondisi dimana the existence of someone is no longer matter. Rasa ditemenin dan punya temen itu nggak lagi hadir dalam bentuk wujud nyata, tapi cukup dalam bentuk support dan sharing cerita, dan rasanya menyenangkan banget emang untuk tau bahwa everybody is having a hard battle with the world, cause that also means I'm not alone in this case.

Sometimes I just can't believe that I'm now twenty two and I have to start my own game on my own, but I also excited to see how it would be and where I will be in the future. I always told myself that I will be the only person on earth who will take responsibility for myself, so why are you keep wasting your time? And what took you so long to start? Nothing is easy, you know that. You can cry today, but you have to start again tomorrow. Time won't ever wait for you. And whatever come up in life, just believe you will through it all well.
And I know it will feel easy for us to give up and surrender, but then that words will come to mind again:
If you give up and stop trying today, then who will take care of your life?

p.s. May God be with us always.